Transisi energi

PTBA Bangun PLTS 400 MW di Lahan Bekas Tambang Miliknya

Jakarta, Ruangenergi.com – PT Bukit Asam Tbk (Persero) (PTBA), menyatakan pihaknya saat ini tengah berupaya mendapatkan ijin dari PT PLN (Persero) untuk menjadi Independent Power Producer (IPP).

Pasalnya, Perseroan berencana menggarap proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lahan pasca tambang miliknya di Ombilin, Sumatera Barat dan Tanjung Enim, Sumatera Selatan dengan kapasitas daya listrik masing-masing sebesar 200 Megawatt (MW).

Direktur Utama PTBA, Suryo Eko Hadianto, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan untuk menggarap proyek PLTS tersebut yakni sekitar 400 hektare.

Suryo menambahkan lahan tersebut merupakan lahan sah milik PTBA, sehingga tidak perlu melakukan aksi pembebasan lahan yang cenderung rumit dan panjang.

“Kami yakin dengan lahan yang sudah kami miliki itu tidak akan menjadi beban pengeluaran untuk PLTS, sehingga produk yang kami hasilkan akan lebih kompetitif dan bisa diterima PLN,” ungkap Suryo, di sela-sela konferensi pers, (01/05).

Surya menambahkan, alasan utama pengembangan PLTS di lahan bekas tambang milik PTBA agar kawasan tersebut dapat kembali produktif dengan menghasilkan energi baru terbarukan (EBT) yang bersih dan ramah lingkungan.

BACA JUGA  Kenaikan Harga Minyak Dunia Pengaruhi Biaya Produksi PT BA

Konferensi pers PT BA

“Kami masuk ke EBT dalam rangka mewujudkan salah satu visi perusahaan, yaitu peduli terhadap lingkungan,” terangnya.

Ia mengungkapkan, kesuksesan kerja sama PLTS dengan Angkasa Pura II (AP II) di Bandara Soekarno-Hatta menjadi alasan kuat PTBA mengembangkan PLTS dengan skala yang lebih besar melalui pemanfaatan lahan pascatambang.

“Kami melihat suka atau tidak suka EBT merupakan peluang bisnis yang besar bagi kami ke depan. Jadi, itu yang melandasi Bukit Asam memilih PLTS di lahan pasca tambang,” tutur Suryo

Lebih jauh,bisa mengemukakan, PTBA sendiri menargetkan konstruksi proyek PLTS lahan pascatambang Ombilin bisa rampung pada 2022.

“Sehingga bisa segera beroperasi untuk menyuplai kebutuhan energi bagi masyarakat dan berkontribusi meningkatkan pertumbuhan bauran energi bersih nasional,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *