Geo Dipa Energi : Melistriki Negeri, Memberdayakan Ekonomi

Jakarta, RuangEnergi.Com-PT Geo Dipa Energi (Persero) secara konsisten melaksanakan misi untuk mengembangkan kapasitas pembangkit tenaga listrik dengan memanfaat energi panas bumi. Di tengah kondisi pandemi Covid-19, Geo Dipa telah berhasil menyelesaikan upaya pembiayaan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit 2 dan PLTP Patuha Unit 2 dengan masing-masing kapasitas 55 MW. Upaya ini mendapat dukungan penuh Kementerian Keuangan dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII, yang juga merupakan SMV Kemenkeu, yang diberikan mandat untuk memberikan fasilitas penjaminan pemerintah dalam rangka pengembangan proyek pembangkit listrik tersebut.
Geodipa Energi terus mengembangkan kapasitas pembangkit panas buminya. Hal ini merupakan salah satu wujud upaya penyediaan listrik melalui pendayagunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) panas bumi,”ungkap Direktur Utama Geo Dipa Energi Riki F.Ibrahim kepada RuangEnergi.Com dalam bincang Leader Talk di Aldevco Building, Jakarta(28/8).

Menurut Riki, sebagai BUMN Energi yang mendapat penugasan khusus dari Kementerian Keuangan,ditengah pandemik ini Geo Dipa tidak melulu memikirkan pengembangan listrik. Sektor pengembangan ekonomi juga dilakukan untuk memberdayakan masyarakat lokal disekitar pembangkit panas bumi Dieng dan Patuha.
“Kami diberikan pesan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk dapat ikut memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Geodipa saat ini telah bekerjasama dengan UMKM luntuk mengembangkan potensi lokal. Di PLTP Dieng telah bekerjasama dengan petani kentang dan paprika dengan produk keripik kentang dan manisan paprika,”tambahnya

Untuk pengembangan UMKM, Geodipa Energi menggandeng Bank BNI. Seperti di kawasan Dieng telah diinisiasi menggerakan masyarakat untuk pengolahan sampah untuk dibuat pupuk.

“Kerjasama ini dilakukan bersama Badan Usaha Milik Desa(BUMD). Geo Dipa Energi akan terus menggali potendi lokal agar ekonomi masyarakat bisa terus hidup dengan melakukan kajian- kajian dan inovasi untuk menggerakan UMKM. Geo Dipa Energi harus menjadi BUMN yang unik, seperti pesan Menkeu Sri Mulyani,” pungkas Riki.

BACA JUGA  Sampah Hilang Listrik Pun Datang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *