Komitmen Medco Energi Internasional Membangun Masa Depan Melalui Energi Berkelanjutan dan Sumber Daya Alam

Jakarta ruangenergi.comFirman Dharmawan, Senior Manager Corporate Sustainibility & Risk Management Medco Energi bercerita bahwa PT Medco Energi Internasional Tbk sangat berkomitmen pada pilot project carbon capture and storage (CCS) Hulu pada tahun 2025 mendatang.

Medco akan mengadopsi sumber energi terbarukan, hydrogen, dan memperluas penangkapan natural karbon, berkolaborasi pada rantai pasok dan nilai untuk meningkatkan efisiensi, mengungkap emisi cakupan 3 dan menetapkan target interim pada tahun 2025.

“Ini KPI dan Target Interim Medco dimana memperluas fokus pada pengurangan flaring, venting dan emisi fugutive, menghilangkan routine flaring pada tahun 2030 atau lebih cepat. Memperluas portofolio terbarukan dengan peningkatan alokasi modal, menciptkan kemitraan strategis untuk menjajaki peluang bisnis CCS,” kata Firman saat ditemui pada acara IPA Convex 2022 di JCC Senayan, Rabu (21/9/2022), di Jakarta.

Medco,lanjut Firman,berinisiatif melakukan studi kelayakan Proyek CCS di Arung Nowera dan Corridor. Melakukan penggantian pembangkit listrik sendiri menjadi pembelian listrik dari PLN di Rimau,Sumatera Selatan, Bangkanai,Corridor dan Oman.

“Program pengurangan flaring di Block A, Corridor dan Block B. Penerapan teknologi pengukuran langsung untuk emisi metana di Block A, Block B dan Corridor. Penggantian gas nitrogen yang digunakan untuk pasokan pneumatik dengan air compressor elektrik di Jawa Timur. Ini untuk menghindari emisi dari transportasi gas nitrogen ke platform lepas pantai,” ucap Firman dalam presentasi slide nya.

Medco,ungkap Firman lagi, akan melakukan pemasangan panel surya di Jawa Timur, Matak Shorebase, Block B, Corridor,Sumatera Selatan, Block A, Rimau, Lematang, MPI Mitra Energi Batam dan Dalle Energi Batam, Kantor Nimr, Oman,dan Sattahip Warehouse Thailand.

“Termasuk optimalisasi proses di Tarakan dan pemanfaatan gas flash amine sebagai bahan bakar gas di Corridor,” jelas Firman lagi.

Pada sesi presentasi wartawan di The 46th IPA CONVEX 2022 di Jakarta, Firman Dharmawan, menyatakan bahwa kerangka keberlanjutan Perusahaan memberikan landasan bagi Strategi Perubahan Iklim dan aspirasi emisi Net Zero Perseroan.

MedcoEnergi berkomitmen mencapai emisi Net Zero Scope 1 dan 2 pada 2050 dan Scope 3 pada 2060, serta baru-baru ini menerbitkan target interim untuk 2025 dan 2030.

“Kami akan tetap fokus pada peningkatan ESG dengan target yang terukur dalam Strategi Perubahan Iklim dan Transisi Energi. Strategi ini dikembangkan melalui proses multi tahun untuk membangun pemahaman internal dan infrastruktur yang diperlukan dalam mengelola risiko Perubahan Iklim,” pungkas Firman.

BACA JUGA  Kementerian ESDM Anugerahkan Penghargaan Keselamatan Migas 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *