PLTGU

Pemerintah dan DPR Kunjungi Proyek PLTGU Jawa Satu Karawang

Jakarta, Ruangenergi.comDirektur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dan Plt. Direktur Pembinaan Program Migas Alimuddin Baso, mendampingi Komisi VII DPR melakukan Kunjungan Kerja Spesifik ke Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa Satu yang berlokasi di Kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang, Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Dirjen Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan, proyek ini juga menghubungkan ketersediaan pasokan gas di Indonesia bagian timur (Papua) dengan kebutuhan listrik di Indonesia bagian barat, khususnya di Pulau Jawa.

“Pasokan LNG (Liquified Natural Gas) dari kilang LNG BP Tangguh akan diregasifikasi di Kapal Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Jawa Satu yang saat ini sudah bersandar di lepas pantai Cilamaya dan akan berada di sana selama 25 tahun,” ungkap Tutuka.

Menurutnya, Kapal FSRU Jawa Satu memiliki kapasitas kargo penyimpanan liquefied natural gas sebesar 170.150 m3, dengan kapasitas unit regasifikasi 320 mmscfd.

“Setelah dilakukan commissioning unit regasifikasi kapal FSRU yang direncanakan pada April 2021, selanjutnya akan dilakukan pengiriman gas melalui pipa sepanjang 21 km ke PLTGU Jawa Satu untuk memproduksi listrik hingga 1.760 Mega Watt. Listrik ini kemudian dikirimkan ke gardu induk PLN di Kecamatan Cibatu Dua, Kabupaten Bekasi,” tandasnya.

BACA JUGA  Disrupsi Media di Depan Mata : SKK Migas – KKKS Wilayah Kalsul Gelar Webinar “ Media Digital, Kini dan Tantangan Masa Depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *