logo adaro

Adaro Serius Mengembangkan EBT Dalam Entitas Bisnisnya

Jakarta,RuangEnergi.com-Presiden Direktur Adaro Power & Adaro Water Wito Krisnahadi mengatakan pihaknya serius mengembangkan energi terbarukan (EBT) dalam entitas bisnisnya.

PT Adaro Power dan Adaro Water,selaku anak usaha dari PT Adaro Energy, hingga saat ini masih menjajaki pembangunan pembangkit listrik tenaga biomassa dengan menggunakan tanaman Kaliandra yang banyak di Sulawesi.

tanaman kaliandra
tanaman kaliandra

“Untuk proyek biomassa masih sedang dalam tahap penjajakan menggunakan tanaman Kaliandra sebagai inputnya di Sulawesi,” kata Wito Krisnahadi kepada ruangenergi.com, Jumat (25/9/2020) di Jakarta.

Adaro Power (AP),lanjut Wito, sebenarnya sudah memiliki pembangkit listrik berbasi EBT di lahan tambang milik induk perusahaan, PT Adaro Energy.

“Kami sudah memasang panel surya. Sementara ini masih di Kelanis, tapi di samping roof top kami juga sudah mengembangkan ke floating solar panel. Untuk lokasi hydro saat ini kami masih melakukan feasibility study di lokasi tambang batu bara kokas milik Adaro di Kalimantan Tengah,” papar Wito.

Proyek-Proyek Energi Terbarukan

BACA JUGA  Adaro Fokus Keunggulan Bisnis Inti

AP aktif mencari proyek-proyek ketenagalistrikan dari sumber energi terbarukan untuk mendapatkan bauran yang seimbang dalam portofolionya. AP telah memasang proyek energi terbarukan pertamanya, yaitu panel surya (PV) berkapasitas 130 kWp yang terpasang di atap di fasilitas pemrosesan batu bara dan pemuatan tongkang AI di Kelanis, Kalimantan Tengah, yang diharapkan akan menghasilkan 125.000 kWh per tahun.

AP juga telah menandatangani MOU dengan Grup Electricite de France (EDF) dari Perancis untuk memulai studi kelayakan bersama terhadap pembangkit listrik tenaga surya dan biomassa di Sulawesi. Proyek-proyek ini sejalan dengan strategi AP untuk mendiversifikasi sumber energi dan memperluas portofolio proyek serta akan menandai peristiwa penting dalam sejarah pilar bisnis Adaro Power.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *