AJP Pertamina 2020 Hadir dengan Format Baru

Jakarta, Ruangenergi.com – Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2020 akan hadir dengan format baru yang akan melahirkan para juara di setiap wilayah dan kemudian akan kembali bersaing di tingkat pusat untuk memperbutkan pemenang tingkat nasional.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, format baru ini bertujuan mendorong tumbuhnya jurnalis di daerah untuk menciptakan karya lebih berkualitas dengan seleksi berjenjang dan dapat bersaing dengan karya jurnalistik di seluruh wilayah hingga tingkat nasional.

Fajriyah mengatakan, perbedaan sistem penilaian secara berjenjang ini akan memberikan peluang kepada para insan media untuk menjadi pemenang lebih luas dan lebih merata.

“AJP 2020 diharapkan akan mendorong tumbuhnya karya jurnalistik yang lebih berkualitas di setiap wilayah dengan apresiasi yang diberikan secara berjenjang bagi pemenang setiap wilayah dan pemenang di tingkat pusat,” kata Fajriyah di Jakarta, Kamis (01/10/2020).

Ia menambahkan, AJP 2020 berada dalam situasi Pandemi Covid-19 sehingga peliputan kegiatan on site minim dan  berpotensi karya yang diikutsertakan  dalam AJP 2020 menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, Pertamina mendorong para insan media di seluruh wilayah untuk aktif menjadi peserta AJP 2020 dengan memberikan stimulus adanya para pemenang tingkat wilayah.

“AJP 2020 juga digelar dalam periode restrukturisasi organisasi, sehingga diperlukan penyesuaian atau beradaptasi dengan organisasi baru yang mengandalkan aktivitas publikasi unit operasi dan anak usaha,” imbuh Fajriyah.

Tema AJP 2020, imbuh Fajriyah, adalah “Ketulusan Untuk Melayani” yang telah ditetapkan sebagai tema komunikasi perusahaan dari awal tahun 2020. Dari tema tersebut, Pertamina mengajak insan pers untuk mengangkat informasi mengenai hal-hal yang bersifat Pelayanan, Kepedulian, Pengabdian, Kontribusi Perusahaan, Keterbukaan, dan Transparasi atas kemajuan di bidang energi, CSR, Mitra binaan, dan program pemberdayaan.

“Melalui tema ini pula, Pertamina mendorong pemberitaan yang mengulas mengenai pemanfaatan dan pengembangan energi untuk Indonesia yang lebih baik,” tukasnya.

AJP 2020 menyediakan 8 kategori karya yakni Hardnews Media Cetak, Feature Media Cetak, Media Online/Siber, Feature Radio, Feature TV, Foto Essay, Program CSR/Pemberdayaan Masyarakat dan Kategori Program Kemitraan.

BACA JUGA  Pasca Diakuisisi, Proyek Revamping Kilang TPPI Dikebut

Untuk menjadi peserta AJP 2020, insan media bisa mengisi formulir yang dapat di download dari link website pertamina https://www.pertamina.com/id/anugerah-jurnalistik-pertamina-2020 atau bisa langsung di download di link ini https://www.pertamina.com/Media/Upload/AJP/Formulir-Peserta-AJP-2020.pdf.

Setelah mengisi formulir pendaftaran, peserta bisa mendaftar dan menyerahkan hasil karyanya ke email anugerah.jurnalistik@pertamina.com paling lambat pada 15 Oktober 2020.

“AJP 2020 yang sudah berlangsung selama 18 tahun merupakan ajang penghargaan karya jurnalistik yang dinantikan jurnalis media massa tiap tahun diharapkan akan semakin meningkatkan sinergi Pertamina dengan media di seluruh Indonesia,” tutup Fajriyah.(SF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *