Berdayakan UMKM, PLN EPI Gelar Pelatihan UMKM Goes Digital

Jakarta, Ruangenergi.com – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) bekerja sama dengan Human Initiative mengadakan Pelatihan UMKM Goes Digital dan dihadiri oleh 30 pelaku UMKM se-Jabodetabek. Pelatihan yang digelar di Wisma Hijau Depok ini merupakan bentuk dukungan PLN EPI terhadap UMKM dalam rangka meningkatkan daya saing dan memperluas akses pasar bagi UMKM.

Menurut PLH Sekretaris Perusahaan PLN EPI, Dita Artsana, dalam pelatihan ini peserta diberikan edukasi mengenai penyusunan model usaha, pengelolaan keuangan perusahaan, digital marketing, pengetahuan tentang e-commerce serta pendampingan pembuatan toko online.

“Melalui kegiatan ini diharapkan peserta pelatihan dapat menjangkau target pasar lebih luas dan membuat bisnis mereka makin berkembang serta meningkatkan peluang penjualan melalui platform digital. PLN EPI berkomitmen untuk mendukung peningkatan kapasitas UMKM sebagai penggerak ekonomi,” papar Dita.

Berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, UMKM memiliki peran yang sangat besar bagi pertumbuhan perekonomian nasional. UMKM mampu berkontribusi sebesar 60,5% terhadap PDB serta mampu menyerap tenaga kerja nasional sebesar 96, 9 % dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

BACA JUGA  Indonesia Power Salurkan Oksigen Untuk RSUD dan Puskesmas di Wilayah Jakarta Utara

Siti, salah satu pelaku UMKM rujak jambu kristal dan asinan yang mengikuti pelatihan tersebut mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan UMKM Goes to Digital ini.

“Saya bisa mengetahui dan mempelajari bagaimana cara meningkatkan penjualan rujak jambu krital dan asinan melalui toko online, dimana sebelumnya saya hanya memasarkan secara langsung kepada pelanggan,” tutur Siti.

 

Pelaku UMKM lainnya yaitu Danny yang mempunyai keahlian menjahit mengungkapkan kegembiraanya atas kegiatan ini. Pelatihan ini bisa menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman serta bermanfaat untuk kelanjutan usahanya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN EPI atas pelatihan yang dilakukan karena bisa mengembangkan usaha saya ke depannya agar mampu bersaing dengan yang lainnya,” ujar Danny.

Sebagai perusahaan yang memberikan kontribusi dalam Sustainable Development Goals (SDGs) dan ESG (Environmental, social, and corporate governance), PLN EPI akan terus membantu dan mengembangkan UMKM.

“Kami akan membantu UMKM dalam meningkatkan produk yang dihasilkan, sehingga mereka bisa bersaing dengan produk-produk lain sehingga bisa meningkatkan perekonomian pelaku UMKM,” pungkas Dita.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *