Hanya Sampai Juni 2021, Pemerintah Tidak Memperpanjang Stimulus Listrik Untuk Golongan 450VA dan 900VA

Jakarta, ruangenergi– Pemerintah memutuskan tidak lagi memperpanjang stimulus atau diskon listrik untuk golongan 450VA dan 900VA subsidi. Bantuan ini sendiri diberikan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, pemerintah telah memberikan bantuan dari tahun lalu dan besaran diskonnya kemudian mengalami penurunan. Dia mengatakan, bantuan ini berakhir usai kuartal II atau terakhir diperpanjang sampai Juni 2021.

“Telah diputuskan tahun ini bertahap triwulan I diberikan sesuai yang diberikan tahun 2020. Kemudian triwulan II diberikan hanya 50%, dan triwulan berikutnya menjadi tidak sama sekali,” kata Rida Mulyana dalam konferensi pers isu-isu terkini subsektor ketenagalistrikan(4/6/21)

Rida mengatakan, keputusan untuk menghentikan diskon listrik ini merupakan keputusan secara nasional.

“Seperti itu keputusan secara nasional, tapi memang keputusan umum. Ini juga menyangkut bansos yang lain, dan mudah-mudahan bisa dikomunikasikan dengan baik masyakat luas,” terangnya.

Dirjen Ketenagalistrikan KESDM Rida Mulyana memaparkan isu-isu terkini subsektor ketenagalistrikan(4/6/21)

Lebih lanjut dia mengatakan, stimulus atau diskon listrik ini tidak diperpanjang. Artinya, pelanggan yang memenuhi kriteria tak lagi menerima bantuan tersebut.

“Ada ketidaktepatan penerima stimulus ini. Banyak pemilik penyewaan kos-kosan memanfaatkan subsidi diskon ini dengan memasang listrik 450VA. Ini tidak tepat. Jadi tidak lagi dibantu negara,” pungkasnya

 

BACA JUGA  Upaya PLN Mewujudkan Ekosistem Kendaraan Listrik Terus Menuai Dukungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *