kementerian esdm

Kementerian ESDM Sampaikan Proyek CISEM Sebagai Prioritas TA 2022

Jakarta,ruangenergi.com-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) dikabarkan hari ini akan menyampaikan ke Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) terkait nasib proyek Transmisi Pipa Gas Ruas Cirebon – Semarang (Cisem) untuk masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022.

Hal ini tercermin pada kegiatan prioritas Kementerian ESDM Tahun Anggaran 2022 yang memasukkan transmisi pipa gas Cisem sebagai prioritas di dalam postur anggaran kementerian.

Ruangenergi.com mendapatkan informasi, kegiatan prioritas KESDM TA 2022 bidang minyak dan gas adalah:
pembangunan infrastruktur jargas untuk rumah tangga,pembagian konkit BBM ke BBG,wilayah Kerja Migas yang disiapkan,ditetapkan dan ditawarkan. Kemudian transmisi Pipa Gas Ruas Cirebon – Semarang,dan pengawasan distribusi LPG bersubsidi.

Kemudian,kegiatan prioritas KESDM TA 2022 di bidang ketenagalistrikan adalah: review dan evaluasi subsidi listrik tepat sasaran, penurunan susut jaringan dan efisiensi pembangkit. Kemudian dukungan sektor ketenagalistrikan dalam pencapaian target mitigasi gas. Pengendalian pembangunan
pembangkit listrik, jaringan transmisi, dan distribusi (termasuk pengembangan Grid Nasional). Penguatan pemenuhan akses dan konsumsi listrik pada masyarakat serta percepatan tenaga listrik 24 Jam/Hari. Dan juga pengendalian pengembangan Smart Grid dan pelaksanaan kerjasama sektor ketenagalistrikan.

Kegiatan prioritas Kementerian ESDM tahun anggaran 2022 untuk bidang EBTKE meliputi: Pembangunan PLTS Atap.Standar Kinerja Energi Minimum (SKEM) dan Label Hemat Energi pada Peralatan Pemanfaatan energi.Pembangunan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS). Alat Penyalur Daya Listrik (APDAL). Reduksi Gas Rumah Kaca (GRK) Sektor ESDM / Strategi Net Zero Emission. Kemudian, fasilitasi dan pembinaan pembangunan pembangkit listrik tenaga energi terbarukan (PLT EBT).

BACA JUGA  Kementerian ESDM Indikasikan Gas Jabung dan Corridor Block Untuk Domestik

Untuk kegiatan Prioritas KESDM TA 2022 bidang Mineral dan Batubara (Minerba) meliputi: Fasilitasi percepatan pembangunan pengolahan pemurnian mineral dalam negeri. Kemudian, inventarisasi dan
pengawasan pertambangan tanpa izin (PETI).Penyusunan kebijakan percepatan peningkatan nilai tambah batubara dan rencana produksi dan pemanfaatan batubara untuk kebutuhan domestik. Pengawasan dan penilaian reklamasi dan pasca tambang berbasis Teknologi penginderaan jauh (drone).Optimalisasi PNBP Minerba.

Sedangkan Kegiatan Prioritas KESDM TA 2022 bidang geologi meliputi: Modernisasi peralatan sistem mitigasi bencana geologi. Pengembangan jaringan pemantauan air  tanah (sumur pantau). Pengembangan Pusat Informasi Geologi & Penetapan Warisan Geologi. Survei keprospekan sumber daya Mineral dan Panas Bumi (minerbapabum).Pengembangan pos pengamatan gunung api. Termasuk juga survei keprospekan Migas.

Untuk kegiatan prioritas KESDM TA 2022 bidang penelitian dan pengembangan (Litbang) meliputi: validasi proses dan tingkat kesiapan  teknologi ekstraksi Neodimium & Skandium dari Red Mud untuk Magnet Permanen  dan Material Ringan. Optimalisasi pembuatan prekursor karbon dari ter produk Pirolisis Batubara. Kemudian,pemetaan geologi kelautan dan survei potensi mineral berat pembawa Unsur Tanah Jarang (Rare Earth Element). Peta Potensi EBT (PLT Bayu, Hidro, Biomassa).

Untuk kegiatan prioritas KESDM TA 2022 bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) meliputi: penyelenggaraan pendidikan tinggi ESDM (Politeknik Energi dan Mineral AKAMIGAS serta Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung). Melakukan peningkatan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) di KESDM. Diklat Industri Sektor ESDM. Termasuk juga melakukan sertifikasi kompetensi tenaga teknik sektor ESDM dan juga melakukan diklat masyarakat bidang ESDM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *