Keren Nih, Hadiri Indogreen 2022 Mind ID Raih Predikat Juara Umum

Jakarta,ruangenergi.com-Gelaran Indogreen Environment & Foresty Expo yang ke-12 tahun 2022 telah selesai digelar pada hari Minggu (3/7). Pameran kehutanan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini telah dibuka sejak hari Jumat (1/7). Pada puncak acara, MIND ID mendapatkan apresiasi dan raih predikat Juara Umum dalam perhelatan Indogreen Environment & Foresty Expo yang ke-12 tahun 2022, di antara lebih dari 100 booth lainnya yang turut meramaikan expo kali ini.

MIND ID atau Mining Industry Indonesia sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan dengan anggota diantaranya PT Aneka, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah, terus berkomitmen dan mendukung keberlangsungan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan tercatatnya total area reklamasi sampai dengan tahun 2021 seluas 5.814 hektar.

Niko Chandra selaku Kepala Divisi Institusional Relations dalam siaran pers yang diterima ruangenergi.com, mengatakan, “Reklamasi yang direalisasikan seluruh anggota MIND ID merupakan bentuk dari komitmen pelaksanaan tata kelola dan praktik operasional yang baik. Reklamasi yang dilakukan merupakan siklus dari operasional penambangan Grup MIND ID dan akan terus dijalankan di sepanjang beroperasi.”

Dalam Pameran kali ini, selain menghadirkan produk – produk hasil olahan tambang, Grup MIND ID juga membawa turut serta menyajikan produk-produk UMKM unggulan dan produk-produk ramah lingkungan dari masing-masing lokasi operasi Grup MIND ID sebagai bentuk kearifan lokal. Saat ini tercatat sudah lebih dari 6.500 UMKM binaan Grup MIND ID.

BACA JUGA  Rayakan 40 Tahun: Medcoenergi Umumkan Pemenang Lomba Karya Jurnalistik

Grup MIND ID mendorong setiap binaan UMKM untuk bisa naik kelas, sesuai dengan program dari kementrian BUMN. Dukungan yang diberikan kepada UMK diwujudkan secara spesifik dan sesuai kebutuhan baik melalui Pelatihan kewirusahaan dan teknis, Pengembangan kualitas produk, Kemasan dan sertifikasi, Bantuan pendanaan modal kerja serta Pengembangan pemasaran dan penjualan baik melalui sentra bisnis lokal dan maupun marketplace secara digital.

Strategi pengembangan UMK Grup MIND ID diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMK selama ini, terlebih lagi dapat bersaing dengan produk – produk yang cukup beragam yang tersedia di pasar lainnya, strategi tersebut diantaranya adalah dalam bidang Manajemen, Modal Usaha, Strategi dan Akses Pemasaran, Standar dan Kualitas mutu, serta Teknis Produksi. “MIND ID terus berupaya mendorong UMKM untuk bisa menjadi bagian dari rantai pasok perusahaan sesuai dengan arahan Presiden dan Menteri BUMN” tutup Niko.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *