Lifting ke-600 dan Peningkatan Produksi Blok Cepu Kado Ultah RI ke-75

Jakarta,Ruangenergi.com-PT Pertamina EP Cepu (PEPC) dan  ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) memberikan kado istimewa saat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 pada 17 Agustus 2020.

Kado itu berupa  lifting ke-600 dan pengapalan 670 ribu barel minyak produksi Blok Cepu.

Lifting itu dilakukan bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75,pada 17 Agustus 2020.

Lifting dilakukan dengan menggunakan Kapal  Floating Storage & Offloading  (FSO) Gagak Rimang dan diangkut melalui 2 (dua) kargo ke kapal tanker Pertamina.

Pengapalan minyak tersebut sekaligus akan mendukung suplai minyak untuk kilang milik Pertamina.Minyak hasil produksi Blok Cepu tersebut diproses di Fasilitas Pengolahan Pusat di Bojonegoro.

“Lifting ke-600 ini merupakan wujud komitmen operasi Blok Cepu dengan angka catatan keselamatan berkelas dunia, zero incident,” jelas sumber ruangenergi.com, Minggu (16/8/2020) di Jakarta.

BACA JUGA  44 Tahun Kilang FOC I PERTAMINA Cilacap, Setia Menjaga Energi Negeri

Pipa Sepanjang 95 KM

Kemudian, minyak disalurkan melalui pipa sepanjang 95 kilometer menuju Palang, Tuban, dan diteruskan ke FSO Gagak Rimang di perairan Tuban, Jawa Timur.

Pencapaian kedua adalah peningkatan kapasitas produksi minyak Blok Cepu hingga lebih dari 220.000 barel per hari. Proses revisi AMDAL telah disetujui oleh pemerintah dan koordinasi teknis bersama SKK Migas untuk peningkatan produksi terus dilakukan,”

Keandalan Operasi

Dijelaskan,pencapaian tersebut sekaligus menjadi bukti keandalan operasi, studi teknis yang mendetail, manajemen reservoir yang baik, dan efisiensi operasi yang terjaga.

Kesuksesan tersebut merupakan hasil kemitraan yang erat dan strategis antara SKK Migas, ExxonMobil Cepu Limited, dan para mitra yakni Pertamina EP Cepu dan Badan Kerja Sama (BKS) PI Blok Cepu serta dukungan dari Kementerian ESDM dan Pemerintah Daerah serta masyarakat sekitar Blok Cepu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *