Pensiunan Pertamina

Melalui Zoom Komunitas Pensiunan Pertamina (KP-2) Terbentuk

Jakarta, Ruangenergi.com – Melalui Zoom Meeting tanggal 01 Oktober 2020 lalu, yang di ikuti oleh lebih dari 50 para pensiunan Pertamina lintas Direktorat, yang semula merupakan acara diskusi tentang “Jaminan Kesehatan dan Manfaat Pensiun” diakhiri dengan secara bulat sepakat membentuk Komunitas Pensiunan Pertamina (KP-2), dan diresmikan tanggal 01 Oktober 2020 yang merupakan juga hari Kesaktian Pancasila.

Ketua Pemerkasa KP2, Luluk Harijanto, mengatakan, dalam Zoom Meeting tersebut menghasilkan beberapa kesepakat.

Pertama, perlu adanya keterbukaan tentang penggunaan dana pensiun melalui audit independen.

“Kedua, mengusulkan agar Manfaat Pensiun Berbasis minimal UMR daerah tempatan para pensiunan Pertamina. Mengingat masih terdapat pensiunan Pertamina menerima MP jauh dibawah tingkat kehidupan yang wajar, sehingga tidak dimungkinkan berkehidupan layak, serta perlu pembanding BUMN lain terkait dengan Manfaat Pensiun Pertamina,” jelasnya, (03/10).

Selanjutnya, kata Harijanto, sebagian besar peserta berpendapat bahwa manajemen layanan kesehatan BPJS lebih bagus dan simpel dibandingkan dengan Layanan Kesehatan yang diterima oleh Pensiunan Pertamina.

“Besarnya nilai Kapitasi dari Pertamina jika dibandingkan dengan Iuran peserta BPJS, perbedaannya sangat besar, sehingga pilihan ke BPJS menjadi pilihan utama dan pemanfaatan sisa kapitasi digunakan untuk kesejahteraan  pensiunan Pertamina,” bebernya.

Kemudian, imbuh Harijanto, manajemen layanan kesehatan saat ini dikeluhkan banyak sekali permasalahan, dan terdapat ketidak patutan diberikan kepada pensiunan Pertamina dengan keadaan phisik dengan keterbatasan karena usia. Mengingat kesertaan BPJS berdasarkan peraturan perundang-undangan adalah wajib bagi warga negara Indonesia, peserta meminta dana kapitasi sebagian digunakan untuk kesertaan di BPJS kelas 1. Sisanya diberikan kepada para pensiunan Pertamina.

BACA JUGA  Serikat Pekerja SKK Migas Pertanyakan Pemerintah

Ia melanjutkan, peserta komunitas Pensiunan Pertamina menghendaki acara seperti ini perlu diadakan secara berkala dan harapan adanya kehadiran pimpinan Pertamina hadir dalam Zoom Meeting yang akan datang.

“Disepakati acara Zoom Meeting Komunitas Pensiunan Pertamina sesi ke 2 (dua) direncanakan akan digelar kembali pada hari Kamis tanggal 08 Okt 2020 pukul 14.30 sd 17.00. Dengan acara diskusi yang sama yakni, Jaminan Kesehatan serta Manfaat pensiun,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *