Pemkab Sragen dan Magelang Dorong ASN Tukar Tabung LPG 3 Kg dengan BrightGas

Jakarta, Ruangenergi.com – Sebagai upaya penyaluran produk LPG subsidi lebih tepat sasaran, Pertamina menggandeng pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan penukaran tabung LPG subsidi 3 Kg dengan LPG nonsubsidi BrightGas.

Dua pemerintah kabupaten yang digandeng Pertamina adalah Pemkab Sragen dan Pemkab Magelang pada Selasa hingga Jumat (27-30/7) di masing-masing lokasi daerah tersebut.

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responisibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan, Pertamina terus berupaya untuk mengendalikan penyaluran LPG subsidi tepat sasaran, di antaranya melalui program edukasi, promo, hingga kerjasama dengan instansi terkait.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Pemkab Sragen dan Pemkab Magelang melalui kerjasama penukaran tabung LPG untuk ASN. Tentunya ini dapat membantu tugas Pertamina sebagai penyedia produk subsidi bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Brasto dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Selain Pemkab, kata Brasto, Pertamina juga turut bekerjasama dari mitra usaha Pertamina, seperti Bank BRI dengan membuka booth penukaran di salah satu kantor cabang Bank BRI di area Sragen dan Magelang.

“Tidak hanya bagi ASN, kami juga membuka layanan tukar tabung LPG bagi masyarakat umum, salah satunya di kantor cabang Bank BRI untuk menyasar khususnya pegawai dan nasabah bank tersebut,” jelasnya.

“Untuk itu kami juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada manajemen Bank BRI atas sinergi dan kerjasamanya dengan Pertamina,” tambah Brasto.

Pertamina menargetkan, setidaknya 700 tabung LPG subsidi berhasil terkumpul dan ditukar dengan tabung LPG nonsubsidi pada program penukaran yang dijalankan di Sragen dan Magelang pada 27 hingga 30 Juli 2021.

BACA JUGA  Sambangi Purbalingga, BPH Migas Gelar Sosialisasi Capaian TA 2020

Sementara di luar program tersebut, kata dia, masyarakat dan konsumen Pertamina juga tetap dapat melakukan penukaran tabung LPG 3 Kg dengan BrightGas melalui aplikasi MyPertamina.

“Bagi konsumen yang menukarkan 1 tabung LPG 3 Kg dengan tabung BrightGas ukuran 5,5 Kg akan mendapatkan potongan harga senilai Rp 123.000,” ujarnya.

“Konsumen yang menukarkan 2 tabung LPG 3 Kg dengan tabung BrightGas ukuran 12 Kg akan memperoleh potongan harga senilai Rp 135.000. Promo tersebut tersedia melalui aplikasi MyPertamina,” tutupnya.

Sementara itu, program penukaran tabung LPG tersebut bertepatan dengan program promo BrightGas Idul Adha yang berlaku sejak 1 hingga 31 Juli 2021. Di Sragen, program penukaran tabung LPG subsidi dilaksanakan di Alun-alun Sasono Langen Putro dari Selasa hingga Jumat.

Bupati Sragen, Dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati atau Yuni mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh ASN di Kabupaten Sragen untuk melakukan penukaran produk LPG subsidi dengan produk nonsubsidi.

“Tabung LPG 3 Kg merupakan produk subsidi yang hanya diperuntukkan kepada masyarakat prasejahtera atau miskin yang benar-benar membutuhkan. Untuk itu, sudah sewajarnya bagi ASN untuk ikut serta melindungi hak masyarakat kecil tersebut, khususnya yang ada di Sragen,” ungkap Yuni.

Sedangkan di Magelang, program penukaran tabung LPG dilaksanakan pada Jumat di kantor Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Magelang.

Menurut Bupati Magelang, Zaenal Arifin, ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam memilih produk LPG yang sesuai dengan peruntukkannya.

“Kami mengajak masyarakat di kabupaten Magelang, utamanya kepada ASN agar lebih bijak dan memilih untuk menggunakan produk LPG nonsubsidi, terlebih di masa-masa sulit seperti pandemi saat ini,” kata Zaenal.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *