Perwira PHM Selesaikan Pekerjaan Untuk Tingkatkan Hidrokarbon di Bekapai

Jakarta,ruangenergi.com-PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) baru saja menyelesaikan pekerjaan dengan kompleksitas tinggi, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi hidrokarbon di sumur B-L-9, Lapangan Bekapai.

Pekerjaan dimulai dengan melakukan well accessibility, untuk mendapatkan akses sampai ke target zona yang akan diproduksi. Kemudian dilanjutkan dengan memompakan cement slurry, yaitu semen yang dibuat khusus, sehingga nantinya akan terbentuk isolasi antara zona yang sudah terbuka dengan target zona yang baru.

“Benar bahwa ini dilakukan oleh Perwira PHM dan ini bagian dari strategi pekerjaan well intervention and well design optimization, seperti hal-hal yang lain yang dilakukan PHM seperti :
Maintain production baseline seperti : Fuel and Flare Gas optimization, SIBU & Offload, Surfactant Batching and Velocity String Trial, Demulsifier for oil production in gas field, Single Phase Side Track, Gravel Pack Completion, dan Well Workover, yang termasuk dlm implementasi strategi OPLL (operasi pengembangan lapangan lapangan) di Mahakam,”kata General Manager PT Pertamina Hulu Mahakam Agus Amperianto kepada ruangenergi.com,Kamis (16/09/2021) di Jakarta.

BACA JUGA  Perwira Pertamina Hulu Mahakam 10 Tahun Tanpa LTI

Setelah itu, lanjut Agus,proses dilanjutkan dengan memompa bahan kimia untuk mengontrol pasir ke dalam target zona, sehingga saat sumur dialirkan ke permukaan tidak ada lagi pasir yang keluar dari zona tersebut.

Pekerjaan ini diharapkan akan mampu meningkatkan produksi hidrokarbon tanpa pasir di sumur B-L-9, yang sebelumnya tidak dapat diproduksi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *