Aneka Gas Industri Berkeinginan Masuk Bisnis LNG

Jakarta,ruangenergi.com-PT Aneka Gas Industri Tbk memiliki keinginan untuk masuk ke dalam bisnis liquified natural gas (LNG) di Indonesia.

Kini, emiten berkode saham AGII itu sedang mendalami kemungkinan untuk masuk ke bisnis LNG di Indonesia. Walau masih malu-malu kucing untuk mengakuinya.

“Ada rencana, namun masih dini.Ini masih tidak bisa disclose ya. Mohon maaf,” kata Direktur Utama PT Aneka Gas Indonesia Tbk Rachmat Harsono kepada ruangenergi,akhir pekan lalu, di Jakarta.

Rachmat menuturkan bahwa core business perusahaan adalah industrial gases. Saat ini yang meningkat adalah kebutuhan gas medis seperti oxygen untuk rumah sakit.

“Industri kami adalah industrial gases pak, seperti oxygen, nitrogen, argon, carbondioxide, hydrogen dan sebagainya.Yang meningkat adalah kebutuhan gas medis seperti oxygen untuk rumah sakit.Tahun 2021 tetap akan optimis. Biasanya pertumbuhan adalah 2x pdb,” ungkap Rachmat.

Ketika ditanyakan kepadanya apakah AGII tertarik masuk ke bisnis hydrogen fuel,dia menjawab tertarik. Namun tergantung dari automaker-nya.

BACA JUGA  SKK Migas: Ada 7 Kargo LNG Belum Terkomitmen Dengan Buyer

“Kita sudah ada hydrogen namun tergantung dari automaker nya.Technology nya sudah lebih lama dari electronic vehicle (ev). Ini semua lobby tingkat tinggi dengan automaker dan policy maker,” tutur Rachmat lagi.

Dalam catatan ruangenergi.com,Emiten distribusi gas, PT Aneka Gas Industri Tbk., membukukan penurunan kinerja keuangan hingga kuartal III/2020 seiring dengan banyaknya tantangan bisnis akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, emiten berkode saham AGII itu mencatatkan koreksi pada pos penjualan, yaitu turun 2,5 persen secara year-on-year (yoy) menjadi Rp1,57 triliun hingga kuartal III/2020 dibandingkan dengan Rp1,61 triliun perolehan pada kuartal III/2019. Lebih rinci, penjualan itu terdiri atas penjualan produk gas sebesar Rp1,42 triliun dan penjualan jasa serta peralatan sebesar Rp153,12 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *