Dirjen Dadan : Tahun 2021 di 34 Provinsi Telah Terbangun 22.000 PJU-TS , Setara Menerangi Jalan Sepanjang 1.100 KM

Cianjur, ruangenergi.com- Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana meresmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Kabupaten Cianjur dan kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Rabu(6/6/2022).

Hadir dalam peresmian ini, Eddy Soeparno, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI; Hendra Iswahyudi, Direktur Sarana dan Infrastrukrur Ditjen EBTKE, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat,  Ai Saadiyah Dwidaningsih; Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur,  Aris Haryanto; Para Camat dan Para Kepala Desa di Kabupaten Cianjur; dan Para alim ulama, serta tokoh masyarakat desa Cisalak.

Dalam sambutannya Dadan menyampaikan bahwa pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sumber daya alam yang terkandung di Bumi Nusantara termasuk di dalamnya sumber daya energi terbarukan baik panas bumi, air, angin, surya, samudera, dll merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang patut kita syukuri sehingga harus kita jaga dan manfaatkan dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut Dadan menuturkan, Kementerian ESDM melalui aspirasi Komisi VII DPR-RI Eddy Soeparno dengan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor berkomitmen untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, utamanya pemanfaatan energi surya untuk penerangan jalan melalui program Pemasangan PJU-TS di Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan yang difokuskan pada jalan perdesaan, utamanya yang sulit dijangkau jaringan PLN.

Seiring dengan diterapkan nya tariff adjustment di TW-III 2022 bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan Pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3).

“Pemasangan PJU Tenaga Surya ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah untuk menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan,” tutur Dadan

Dia menambahkan, pada tahun 2021, PJU-TS yang telah terbangun sebanyak 22.000 atau setara menerangi jalan sepanjang 1.100 km, yang tersebar di 34 (tiga puluh empat) Provinsi di wilayah Indonesia, dengan demikian program pemasangan PJU-TS telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 hingga 2021 adalah sejumlah 90.687 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 4.534 km.

“Tahun 2021, Kementerian ESDM dengan dukungan aspirasi Anggota Komisi VII DPR-RI Bapak H. Eddy Soeparno Cianjur dan Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat berhasil memasang sebanyak 750 unit PJU-TS, dimana sebarannya yaitu 500 unit di Kabupaten Cianjur, 250 unit di Kota Bogor,”imbuhnya

Ditjen EBTKE  menyampaikan apresiasi atas segala dukungannya dari  Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eddy Soeparno  Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Cianjur dan Pemerintah Kota Bogor sehingga pemasangan PJU-TS pada tahun 2021 telah selesai terlaksana 100%.

“Semoga dengan adanya pemasangan PJU-TS ini dapat memberikan manfaat dan membantu bagi masyarakat agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat. Kami juga mengharapkan PJU-TS yang telah dipasang, dapat dijaga bersama oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang,”pungkas Dadan

BACA JUGA  Idealnya 2030 PLTN Sudah Beroperasi di Indonesia , Dirjen EBTKE : Opsinya di Babel dan Kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *