Dirjen EBTKE Dadan Kusdiana Resmikan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Kabupaten Cianjur

Sejak tahun anggaran 2015 hingga 2021 dengan total PJU-TS sejumlah 90.687 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 4.534 KM.

Cianjur, ruangenergi.com – Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana didampingi Eddy Soeparno, Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI meresmikan Pemasangan PJU-TS di Cisalak Kec. Cibeber, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Rabu(6/7/2022) yang telah dilaksanakan pada tahun anggaran 2021 sebanyak 500 unit.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, dan Kepala Desa, serta masyarakat Cisalak penerima PJU-TS.

Dadan menyampaikan, pemasangan PJU-TS merupakan program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui aspirasi dari Komisi VII DPR-RI dengan dukungan Pemerintah Daerah, sebagai salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan yang difokuskan pada jalan perdesaan, utamanya yang sulit dijangkau jaringan PLN.

Sebagaimana diketahui,kata Dadan, seiring dengan diterapkan nya tariff adjustment di TW-III 2022 bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan Pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3), maka pemasangan PJU Tenaga Surya ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah untuk menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan.

“Program pemasangan PJU-TS merupakan perwujudan dari visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, khususnya misi poin ketiga disebutkan “Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan”,”ujar Dadan Kusdiana

Sebagai informasi, Komponen 1 set PJU-TS terdiri atas:
1 (satu) buah modul surya, 300 Wp
1 (satu) buah lampu LED 40 W/24 V
1(satu) buah Baterai Li-FePO4 25,6V 40Ah+BMS dan box baterai
1 (satu) buah Solar Charge Controller
Tiang, pondasi, kabel dan accessories PJU-TS

BACA JUGA  Korinci Baru Produksi Gas 2,5 Juta Kaki Kubik dan Jual ke PLN US$4 per MMBTU

“PJU-TS yang diberikan pada program ini memiliki jaminan pemeliharaan selama 1 (satu) tahun ditambah garansi sistem selama 2 (dua) tahun sejak jaminan pemeliharaan berakhir, sehingga total 3 (tiga) tahun jaminan perbaikan ditanggung oleh penyedia,”tambahnya

Adapun garansi per komponen adalah sebagai berikut: Komponen PJU-TS
Masa Garansi : Modul Surya 20 tahun, Lampu LED 5 tahun, Baterai 3 tahun, Solar Charge Controller (SCC) 3 tahun, Garansi Sistem 3 tahun.

Kepada masyarakat penerima PJU-TS Dadan berpesan, apabila terdapat kerusakan dapat segera melaporkan ke pusat layanan perbaikan (service centre), nomor kontak tertera pada QR Code pada tiang lampu PJU-TS dan juga dapat melalui layanan pengaduan Ditjen EBTKE.

Pada tahun 2021, PJU-TS yang telah terbangun sebanyak 22.000 atau setara menerangi jalan sepanjang 1.100 km, yang tersebar di 34 (tiga puluh empat) Provinsi di wilayah Indonesia, dengan demikian program pemasangan PJU-TS telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 hingga 2021 dengan total PJU-TS sejumlah 90.687 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 4.534 KM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *