Sugeng Suparwoto

Ini Hasil Kesimpulan Rapat Komisi VII dengan Panitia Seleksi Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas

Jakarta, Ruangenergi.com –  Dalam Rapat Dengar Pendapat antara Komisi VII DPR dengan Sekjen Kementerian ESDM yang digelar Rabu, 31/03/2021, salah satu agenda pembahasan yakni mengenai pemilihan calon Ketua dan Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Ketua Komisi VII DPR, Sugeng Suparwoto, bertindak sebagai pimpinan rapat tersebut, dan dihadiri langsung oleh Sekertaris Jenderal Kementerian ESDM, sekaligus Ketua Panitia Ketua Seleksi Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas, Ego Syahrial.

Dalam paparannya, Ego Syahrial mengatakan, dalam surat yang diterbitkan oleh Kementerian ESDM tanggal 20 Januari 2021, Nomor : 1.Pm/KP.03/SJN.P/2021, Pemerintah membuka kesempatan kerja untuk posisi sebagai Kepala dan Anggota Komite BPH Migas.

Diketahui, pendaftaran lowongan tersebut dibuka dari tanggal 21 Januari sampai dengan 9 Februari 2021 dan diperpanjang sampai 26 Februari 2021.

Sekjen ESDM

Tercatat, dalam rentang waktu tersebut Panitia Seleksi menerima sebanyak 96 orang yang mendaftar, kemudian 33 peserta yang mendaftar dinyatakan lolos berbagai seleksi, dan akan mengikuti tahap selanjutnya.

“Berdasarkan seleksi administrasi sesuai persyaratan sebanyak 33 orang memenuhi persyaratan,” ungkap Ego di Ruang Sidang Komisi VII DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, (31/03).

Selanjutnya, kata Ego, usai melakukan proses pendaftaran para peserta diminta untuk mengikuti beberapa jenis seleksi.

Adapun seleksi tersebut yakni Panitia Seleksi meminta peserta untuk melakukan penulisan makalah yang dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2021, kemudian dilanjutkan dengan proses asesmen pada Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada tanggal 8-10 Maret 2021.

Kemudian, proses terakhir dari seleksi tersebut yakni test wawancara kepada para peserta yang lolos oleh Panitia Seleksi pada tanggal 29-30 Maret 2021 kemarin.

Sebagaimana diketahui, Panitia Seleksi Calon Ketua dan Anggota Komite BPH MIgas saat ini terdiri dari 1 Ketua dan 6 Anggota.

Sekjen Kementerian ESDM, Ego Syahrial bertindak sebagai Ketua Panitia Seleksi. Lalu para anggotanya terdiri dari Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Tutuka Ariadji; Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Askolani; Direktur Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB), Rini Widyantini; Deputi Administrasi Aparatur, Kementerian Sekertariat Negara, Nanik Purwanti; Kakorbinmas Baharkam Polri, Suwondo Nainggolan; serta Guru Besar Hukum Internasional UI Rektor Universitas Jenderal A Yani, Hikmahanto Juwana;

BACA JUGA  Gerakkan Perekonomian, Ini Strategi Pertamina Penuhi Energi Berkelanjutan

Ego mengatakan, dari 33 peserta yang lolos seleksi tadi akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo pada minggu kedua April 2021.

“Dari proses yang telah dilaksanakan maka Menteri ESDM akan menyampaikan usulan kepada Bapak Presiden pada minggu kedua April 2021,” beber Ego.

Meganggapi hal tersebut, Anggota Komisi VII DPR, Sartono, menuturkan, mekanisme dan alur proses fit and proper test pemilihan Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas harus dijalakan secara utuh.

“Kami (Komisi VII DPR) merupakan lembaga politik yang megawasi jalannya konstitusi dan mengingatkan aturan-aturan tersebut sudah dijalankan secara utuh, menyeluruh supaya tidak ada permasalahan di kemudian hari,” ujar Sartono.

Sementara, Anggota Komisi VII DPR, Kardaya Warnika, mengatakan, apa yang Sudan dilakukan oleh panitia seleksi Sudan sesuia dengan Undang-Undang.

“Bagi saya ada dua, selain harus mengikuti peraturan perundang-undangan, juga dilihat apakah prosesnya ini cukup kredibel. Menurut saya proses seleksi yang dilakukan oleh Panitia Seleksi terhadp pemilihan Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas tidak melanggar peraturan perundang-undangan. Kalau ditinjau dari Undang-Undang yang dilakukan Panitia Seleksi tidak ada satupun yang melanggar,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, jabatan Ketua dan Anggota Komite BPH Migas yang sekarang akan berakhir sampai Mei 2021, sehingga pemerintah diminta untuk segera menyerahkan daftar peserta yang lolos kepada Presiden dan Komisi VII DPR.

Sementara, diakhir rapat, Pimpinan Sidang sekaligus Ketua Komisi VII DPR, Sugeng Suparwoto, membacakan hasil kesimpulan Rapat Dengar Pendapat tersebut.

“Ada dua kesimpulan dalam rapat kali ini,” jelasnya.

“Pertama, Dengan mempertimbangkan proses yang sudah berjalan dan pendapat fraksi-fraksi yang ada di Komisi VII DPR RI, maka diputuskan agar Sekertaris Jenderal Kementerian ESDM RI selaku Ketua Seleksi Calon Ketua dan ANggota Komite BPH Migas untuk melanjutkan proses berikutnya,” kata Sugeng membacakan hasil kesimpulan yang pertama.

“Kedua, Komisi VII DPR RI meminta Sekertaris Jenderal Kementerian ESDM RI selaku Ketua Panitia Seleksi Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas untuk memberikan data terkait profil lengkap kendidat pelamar yang lulus seleksi administrasi sebanyak 33 orang sebagai bahan pendalaman oleh Anggota Komisi VII DPR RI selambat-lambatnya tanggal 6 April 2021,” tandas Sugeng membacakan hasil kesimpulan yang kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *