Ini Pesan Buat Dirut PHR Dari Kardaya Warnika

Jakarta,ruangenergi.com-Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) tahun 2005 Kardaya Warnika mewanti-wanti PT Pertamina Hulu Rokan  (PHR) agar tidak menyebabkan kerusakan perekonomian nasional akibat anjloknya produksi blok Rokan.

Terlebih bawah kepemimpinan Direktur Utama PHR yang baru yakni Jaffee Arizon Suardin yang akan dilantik pada Kamis 6 Mei 2021 mendatang,

“Lebih utamanya dalam produksi enhanced oil recovery (EOR) dari Lapangan Minas di blok Rokan. Karena Minas dianggap sebagai back bone (tulang punggung) dari blok Rokan,” kata Kardaya Warnika yang saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi VII dari Fraksri Gerindra,kepada ruangenergi.com,Rabu (05/05/2021) di Jakarta.

Kardaya yang juga Doktor (S3) bidang ekonomi energi pada Universite de Ijon, Prancis, 1987, mengingatkan bahwa blok Rokan itu back bone dari perminyakan nasional.Segala sesuatu dari kinerja di Rokan itu,akan sangat menentukan.

“Yang kedua,perlu diingat bahwa Rokan itu EOR nya ada di Minas, dan EOR-nya memakai chemical fluiding dan sangat mahal dimana untuk saat ini belum ekonomis.Artinya, dia (Jaffee) harus bisa mewujudkan bahwa apa yang sudah diprogramkan itu bisa tercapai,” pinta Kardaya yang juga mempunyai gelar S2 dari Institut Français du Pétrole (IFP) Jurusan Ekonomi Perminyakan.

Bagi Kardaya,langkah Jaffee terhadap blok Rokan ini akan sangat menentukan untuk produksi migas Indonesia. Kesemuanya tergantung kesuksesan di blok migas Rokan.

“Yang sangat punya program 1 Juta Barel itu kan Jaffee waktu dia jadi Deputi Perencanaan di SKK Migas. Nah kini dia ditaruh di Rokan untuk mewujudkan satu juta barel itu, bener enggak.Coba buktikan,” ucap Kardaya yang pernah menjadi Asisten Eksplorasi pada Direktorat Eksplorasi dan Produksi Pertamina tahun 1978-1982.

Seandainya,Jaffee tidak mampu,lanjut Kardaya, maka dia akan merepotkan perekonomian Indonesia.

BACA JUGA  BPH Migas Gelar Sosialisasi Implementasi Capaian Kinerja Dihadapan Badan Usaha di Sulawesi Tengah

Spanduk Masyarakat Riau

Ruangenergi.com mendapatkan kiriman gambar berisikan foto spanduk penentangan atas pengangkatan Jaffee A.S sebagai Dirut PHR. Di dalam spanduk itu jelas tertulis kalimat:

“Masyarakat Riau menuntut Pertamina berikan jabatan Direktur PHR (Pertamina Hulu Rokan) kepada putra daerah. Bukan kepada Jafee.Melayu menolak jadi penonton. Melayu menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” demikian isi spanduk tersebut.

Ruangenergi.com juga mendapatkan flyer berisikan ucapan selamat dan sukses atas pengangkatan Jaffee Arizon Suardin Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *