Inilah Para Pemenang Penghargaan Wartawan Energi Kementerian ESDM 2020

Jakarta, RuangEnergi.Com- Penganugerahaan Penghargaan Wartawan Energi kembali dihelat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2020 secara virtual di Jakarta (29/9). Penghargaan Wartawan Energi merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-75, sebagai penghargaan tertinggi bagi para insan jurnalis, fotografer, blogger dan juga netizen yang berkontribusi dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral Indonesia di tahun 2020 ini. Helatan kali ini turut dimeriahkan grup musik Fourtwnty yang tengah digandrungi kawula muda.

“Selamat kepada para pemenang. Terima kasih kepada para seluruh peserta dan segenap panitia, untuk tetap semangat dan terus dukung pemberitaan baik di sektor ESDM. Mari kita sama-sama membangun optimisme di tengah tantangan. Salam bangkit untuk Indonesia Maju”, ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan ucapan selamat secara virtual(29/9/20)

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial menyampaikan bahwa pada pelaksanaan ke-6 kali ini, Lomba Fotografi dan Karya Tulis Jurnalistik selalu mengalami peningkatan dalam jumlah keikutsertaan tiap tahunnya. Tahun ini, mengangkat tema “Energi Untuk Indonesia”, Kementerian ESDM menyaring karya-karya terbaik yang mewakili tema tersebut untuk dipilih juaranya berdasarkan beberapa aspek penilaian.

 

“Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan secara meriah, Penghargaan Wartawan Energi kali ini kita lakukan dalam suasana bersahaja di tengah pandemi, sambil tetap mengacu pada protokol Covid-19 yang ditetapkan. Semoga semua dapat menjaga kesehatan dimanapun berada, terutama bagi para wartawan yang tetap menjalankan aktivitas lapangan sebagai penyambung informasi. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan dan semangat agar bisa melalui masa yang sulit ini,” ungkap Ego dalam sambutannya

Tak hanya jurnalis yang mendapatkan kesempatan untuk turut berkompetisi, tahun ini blogger dan juga netizen dapat berkontribusi pada Lomba Karya Tulis Jurnalistik dan Lomba Fotografi berdasar kategori yang dilombakan. Tercatat 335 karya yang masuk dalam Lomba Karya Jurnalistik (145 karya blogger dan 190 karya jurnalis). Sementara untuk lomba foto, 1.218 karya masuk Kategori Umum dan 117 karya kategori instagram. Penjurian di lomba ini pun bertahap dengan menggunakan metode blind judges, dimana juri tidak tahu karya siapa dan dari media apa, metode ini digunakan semata-mata untuk menjaga objektivitas, sehingga yang menjadi pemenang adalah yang terbaik.

BACA JUGA  Libatkan Milenial Kembangkan EBT

 

Berikut pemenang Penghargaan Wartawan Energi 2020 :

Pemenang Lomba Karya Jurnalistik ESDM

Kategori Jurnalis:

Juara 1 : Amal Taufik (WARTA BROMO) – Mengunjungi Pesantren Mandiri Energi di Pasuruan

Juara 2 : Hartatik (SUARA MERDEKA) – Berburu Energi Baru dari Timbunan Sampah

Juara 3 : Imam Dzulkifli (MATAMAROS.COM) – Energi Terbarukan yang Menghindarkan Masyarakat dari Sakit di Jantung dan dompet

10 Juara Harapan:

  1. AfAfut Syafril Nusyirwan (ANTARA) – Bingkisan Listrik EBT dalam tabung untuk saudara di pulau terluar
  2. Alija Maghribi (TRIBUN MEDAN) – Beralih ke Gas Bumi, Memasak Kini lebih Hemat dan Aman
  3. Deddy Heryadi Hassan (RUANG ENERGI.COM) – Sampah Hilang Listrik pun datang
  4. Effran Kurniawan (LAMPUNG POST) – Kabel Laut Tekan Biaya Hidup Penghuni Surga Tersembunyi
  5. Eko Widianto (TERAKOTA.ID) – Berkah Mikrohidro, Air Mengalir Sampai Jauh
  6. Palce Amalo (MEDIA INDONESIA) – Terang Benderang Hingga ke Batas Negeri
  7. Ratna Irtatik (BATAM POS) – Menikmati Berkah Energi di Negeri Sendiri
  8. Jamil Januansyah (KALTENG POS) – Air Gambut dan Kulit Nanas jadi Listrik
  9. Muflihun Hidayatullah (TAMBANG.CO.ID) – Siasat Sumbat impor Lewat Sawit
  10. Suci Sedya Utami (MEDCOM.ID) – Berjibaku Menerangi Pelosok Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *