Listriki Tambak Udang Terbesar se-Asia Tenggara, PLN Berhasil Energize GI-SUTT Mesuji-Dipasena

Lampung, Ruangenergi.com – Bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI ke -75, PT PLN (Persero) berhasil memberikan tegangan untuk Gardu Induk – Saluran Udara Tegangan Tinggi Mesuji-Dipasena 150kV, yang membentang sepanjang 73,6 Kms (Kilo Meter Sirkuit), dan di topang 211 Tower.

Hal ini sebagai wujud komitmen PLN dalam melistriki lumbung udang terbesar se-Asia Tenggara.

Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan, Wiluyo Kusdwiharto, mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh insan PLN yang memulai pekerjaan sejak 2019. Penyelesaian yang relatif cepat ini tidak terlepas dari dukungan dari Pemerintah setempat yang memberikan support dan bantuan dalam pembangunan.

Selain itu, lanjutnya, antusias warga disekitar lokasi pembangunan juga menjadi faktor yang membantu dalam proses pengerjaan, mulai membuka lahan dan juga perizinan lainnya.

Dikatakan olehnya, dengan beroperasinya GI-SUTT Dipasena – Mesuji, dapat meningkatkan penjualan listrik di Dipasena, dengan potensi pendapatan penjualan Rp 40,5 miliar/bulan. Kemudian, pengoperasian infrastruktur kelistrikan ini juga bisa membantu para petambak udang yang sebelumnya menggunakan genset.

BACA JUGA  Habis Gelap Terbitlah Terang, Warga 4 Dusun di Donggala Nikmati Listrik PLN

“Kami bersyukur dengan selesainya pembangunan infrastuktur Mesuji- Dipasena, kami berharap dengan penguatan infrastruktur kelistrikan ini, bisa meningkatkan taraf ekonomi warga sekitar. Terlebih dalam waktu dekat  Dipasena diproyeksikan akan menjadi lumbung udang terbesar se Asia Tenggara. Hal ini tentu membutuhkan dukungan kelistrikan yang memadai,” jelas Wiluyo, .

Ia menambahkan, dalam proses pembangunannya, kendala utama yang dihadapi PLN adalah medan lapangan yang sulit dengan kondisi rawa berair, menyebabkan petugas kesulitan melakukan pekerjaan konstruksi.

“Namun, dengan kerja sama yang baik pelaksana di lapangan dan bantuan luar biasa dari stake holder dan warga sekitar, proyek ini berhasil diselesaikan dengan baik,” imbuhnya.

Sebagai informasi, selain menyelesaikan proyek GI-SUTT Mesuji-Dipasena, Sebelumnya PLN juga telah merampungkan pembangunan Jaringan Tegangan Menengah 20KV sepanjang 135kms, Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 738 kms, Gardu Distribusi sebanyak 134 Gardu dan sebanyak 15.757 batang tiang telah didirikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *