Pemerintah Terbitkan Kepmen ESDM tentang Harga Mineral Acuan dan HBA September 2021

Jakarta, Ruangenergi.comKementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerbitkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor: 165S.K/HK.02/MEM.B/2021 tentang Harga Mineral Logam Acuan Dan Harga Batubara Acuan Untuk Bulan September Tahun 2021.

Dalam dokumen yang diterima Ruangenergi.com, Kepmen ESDM tersebut menimbang bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 6 ayat (6) dan Pasal 8 ayat (6) Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penctapan Harga Patokan Penjualan Mineral Logam dan Batubara sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjualan Mineral Logam dan Batubara, perlu menetapkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tentang Harga Mineral Logam Acuan dan Harga Batubara Acuan untuk Bulan September Tahun 2021;

Untuk itu, Menteri ESDM Arifin Tasrif, menetapkan Kepmen ESDM tentang Harga Mineral Logam Acuan Dan Harga Batubara Acuan Untuk Bulan September Tahun 2021.

Kesatu, Menetapkan Harga Mineral Logam Acuan (HMA) untuk bulan September tahun 2021 dengan besaran tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.

Kedua, Menetapkan Harga Batubara Acuan (HBA) untuk bulan September tahun 2021 dengan besaran tercantum dalam Lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.

Ketiga, HMA sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU digunakan sebagai dasar perhitungan Harga Patokan Mineral Logam selanjutnya disebut HPM untuk bulan September tahun 2021.

BACA JUGA  Tembus USD150,03 per Ton Harga Batubara Acuan September 2021

Keempat, HBA sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA digunakan sebagai dasar perhitungan Harga Patokan Batubara selanjutnya disebut HPB untuk bulan September tahun 2021.

Kelima, Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yakni pada 1 September 2021.

Adapun HMA dan HBA yang ditetapkan pemerintah bulan September 2021, di antaranya :

1. Nikel ditetapkan sebesar US$ 19.239,26/dmt. Di mana HMA Nikel adalah harga logam nikel dalam cash seller and settlement yang dipublikasikan London Metal Exchange (LME) rata-rata dari tanggal 20 dua bulan sebelum periode HPM sampai tanggal 19 satu bulan sebelum periode HPM.

2. Kobalt ditetapkan sebesar US$ 52.317,83/dmt. Di mana HMA Kobalt adalah harga logam kobalt dalam cash seller and settlement yang dipublikasikan London Metal Exchange (LME) rata-rata dari tanggal 20 dua bulan sebelum periode HPM sampai tanggal 19 satu bulan sebelum periode HPM.

3. Tembaga ditetapkan sebesar US$ 9.448,80/dmt. Di mana HMA Tembaga adalah harga logam tembaga dalam cash seller and settlement yang dipublikasikan London Metal Exchange (LME) rata-rata dari tanggal 20 dua bulan sebelum periode HPM sampai tanggal 19 satu bulan sebelum periode HPM.

4. Batubara ditetapkan sebesar US$ 150,03/ton. Di mana HBA adalah harga yang diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICD, Newcastle Export Index (NEX), Globalicoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt’s S900 pada bulan sebelumnya, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal/kg GAR, Total Moisture 8%, Total Sulphur 0,8%, dan Ash 15%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *