Pendampingan Pembahasan Ranperda RUED  di Pansus DPRD  Kalimantan Barat

Pontianak, RuangEnergi.Com-Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi Nasional (DEN) menghadiri undangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat dalam Rapat Kerja Pansus II yang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Kalbar.

Rapat Kerja Pansus II dilaksanakan di Gedung DPRD Provinsi Kalbar, Pontianak pada tanggal 29-30 September 2020. Rapat dipimpin oleh Arif Joni ST, MT selaku Ketua Pansus Ranperda RUED Provinsi Kalbar dan dihadiri Pemerintah Daerah sebagai pemrakarsa Dinas ESDM, Biro Hukum, OPD lainnya, PT. PLN Persero, PT. Pertamina Persero, Universitas Tanjung Pura dan Tenaga Ahli.

Ketua Pansus menyampaikan bahwa penyusunan Perda RUED Provinsi merupakan amanah Pasal 18 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi. Terdapat 6 ranperda yang dibahas bersamaan pada masa sidang ini termasuk ranperda RUED Provinsi. Ranperda RUED Provinsi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan energi Kalbar hingga tahun 2050.

“Pemanfaatan potensi energi daerah terutama energi baru terbarukan dan thorium Sebagian besar substansi dalam ranperda sudah sesuai dan hanya terdapat perbaikan minor, selanjutkan akan dilakukan finalisasi ranperda untuk disetujui oleh Pansus”,ujar Arif Joni di Pontianak(30/9/20).

Sementara itu, Setjen DEN yang diwakili oleh Nanang Kristanto ST, MBA selaku Kasubbag Pemantauan Pelaksanaan RUEN menyampaikan bahwa proses penyusunan ranperda RUED Provinsi Kalbar memasuki tahapan pembahasan dengan DPRD dan kemudian akan dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Persetujuan Substansi sebelum disampaikan permintaan no register ke Kemendagri.

“Setjen DEN mengawal pernyusun Ranperda RUED Provinsi mulai dari pemodelan energi, penyiapan dokumen, Naskah Akademis, ranperda hingga ditetapkannya Perda”,kata Nanang

Pansus dan Pemda Provinsi Kalbar mengapresiasi pendampingan Ranperda RUED yang dilakukan oleh Dewan Energi Nasional dan berharap Perda ini dapat segera ditetapkan.(***)

BACA JUGA  Pemerintah Resmikan BBM 1 Harga di Musi Banyuasin, Sumsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *