Sinergi BUMN Energi Dalam Memberdayakan UMKM Di Tengah Pandemi

Jakarta, Ruangenergi.com – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dikatakan sangat berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Namun, Pandemi Covid-19 yang menghantam seluruh dunia termasuk Indonesia, hampir membuat lumpuh seluruh sektor perekonomian, tidak terkecuali sektor UMKM-nya.

Untuk itu, Pemerintah terus berupaya agar sektor UMKM dapat kembali bangkit mengibarkan layarnya kembali berlayar di tengah hantaman badai Covid-19, guna meningkatkan produktivitasnya yang sempat down akibat Pandemi.

Sebelum wabah Virus Corona datang dan menghadang, Kementerian Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUKM), menargetkan kontribusi UMKM terhadap ekonomi Tanah Air di tahun 2020 hingga 2024 dapat meningkat signifikan.

Kontribusi UMKM terhadap PDB nasional tahun 2020 ditargetkan sebesar 61%, sementara pada 2024 PDB ditargetkan meningkat cukup signifikan yakni sebesar 65%.

Selanjutnya, untuk rasio kewirausahaan UMKM di 2020 ditargetkan sebesar 3,55% dan pada 2024 angka tersebut dapat meningkat yakni menjadi 4% bahkan bisa melebihi.

Kemudian, target terhadap ekspor yang dilakukan UMKM di 2020 dapat berkontribusi sebesar 18%, dan pada 2024 ditargetkan sebesar 30,2%.

Tercatat, pada tahun 2018 UMKM Indonesia menyumbangkan hingga Rp 8.573,9 Triliun ke PDB nasional. Pasalnya, pada saat itu, PDB Indonesia sebesar Rp 14.838,3 Triliun, maka kontribusi UMKM mencapai 57,8% terhadap PDB.

Lalu di tahun 2019, UMKM berhasil menyumbangkan sebesar 60% PDB dan berkontribusi 14% pada total ekspor nasional.

Sementara, di tahun 2020 ini UMKM masih bisa diandalkan sebagai pendorong perekonomian dengan total kontribusi terhadap PDB mencapai 65% atau sekitar Rp 2.394,5 Triliun.

BACA JUGA  Pertamina Berharap Chevron Segera Bor di Blok Rokan

Atas dasar itu, Ruangenergi.com, bersama Komisi VII DPR RI dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor energi seperti PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), dan PT Geo Dipa Energi (Persero), akan menyelenggarakan Webinar pada Sabtu, 19 September 2020, dengan agenda prioritas yang bertemakan, “BUMN Energi di Tengah Pandemi Covid-19, Memberdayakan UMKM”.

Lima pembicara dari BUMN Energi yang sangat konsentrasi dalam membina, mendukung, serta mendorong UMKM Nasional untuk terus berkembang meski Pandemi Covid-19 tangah mengadang.

Adapun kelima pembicara dalam webinar BUMN Energi Di Tengah Pandemi Covid-19, Memberdayakan UMKM tersebut yakni :

Anggota Komisi VII DPR RI, Dyah Roro Esti, yang akan membahas mengenai “Peran Komisi Energi dalam Mendukung Perekonomian melalui Pemberdayaan UMKM”.

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik, Arya Sinulingga, yang akan menyoroti “Dukungan BUMN dalam Mendongkrak Perekonomian melalui UMKM”.

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, yang akan memberikan “Dukungan Pertamina Memberdayakan Ekonomi melalui UMKM”.

Direktur Utama PT PLN, Zulkifli Zaini, yang akan melakukan “Upaya Terbaik PLN Membantu UMKM Di Tengah Pandemi”.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi, Rifki Firmandha Ibrahim, yang akan tetap “Komitmen Geo Dipa Energi Mendukung UMKM”.

Harapannya dengan digelarnya webinar ini semoga UMKM bisa tetap bertahan mendukung perekonomian nasional agar terhindar dari resesi. Menggerakan UMKM tentu bukan hanya tugas perusahaan energi milik negara, tetapi juga bisa dilakukan oleh entitas perusahaan energi milik swasta.

Nantikan penampilan mereka dalam memberdayakan UMKM di tengah Pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *