BPH Migas Gelar Public Hearing Revisi Peraturan Tata Cara Perhitungan dan Penerapan Tarif Pengangkutan Gas Bumi

Jakarta,ruangenergi.comBPH Migas bersama dengan stakeholder terkait gelar Rapat Dengar Pendapat (Public Hearing) Revisi Peraturan BPH Migas Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penghitungan dan Penetapan Tarif Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa di Cibubur, Jawa Barat. (24/01/23)

Rapat kali ini dipimpin langsung oleh Kepala BPH Migas Erika Retnowati, dihadiri oleh seluruh Anggota Komite BPH Migas, Direktur Gas Bumi BPH Migas, Ditjen Migas, Itjen KESDM, SKK Migas, Indonesian Natural Gas Trader Association (INGTA), Badan Usaha Pemilik Gas (Shipper) serta Badan Usaha Pemilik Pipa Pengangkutan (Transporter).

Rapat Dengar Pendapat dilaksanakan sebagai sarana untuk mendapatkan masukan dari stakeholder terkait sebelum dilaksanakan sidang komite untuk menetapkan revisi Peraturan BPH Migas Nomor 34 Tahun 2019.

“Revisi peraturan ini adalah perubahan peraturan tarif yang kelima sejak BPH Migas berdiri yang diharapkan dapat mendorong transporter untuk mendapatkan tambahan revenue melalui peningkatan volume alir gas bumi melalui pipa,” demikian isi unggahan instagram@bph.migas

Dokumen yang diterima ruangenergi.com,  sejak BPH Migas berdiri pada tahun 2003/2004, BPH Migas telah meregulasi Penetapan Tarif pengangkutan Gas Bumi melalui Pipa dengan menetapkan dan menyempurnakan peraturan penetapan dan tata cara perhitungan tarif dari waktu ke waktu untuk mengikuti perkembangan kasus di lapangan, perubahan parameter, perubahan zaman serta mengakomodir perubahan peraturan pendukung lainnya.

Peraturan Tarif Pertama dilahirkan adalah Peraturan BPH Migas No.4 Tahun 2005, kemudian Peraturan Tarif Kedua yaitu Peraturan BPH Migas No.16 Tahun 2008, dilanjutkan dengan Peraturan BPH Migas No.21 Tahun 2011 tentang Akun Pengaturan sebagai peraturan pendukung penentuan nilai basis asset perhitungan, kemudian pada tahun 2013

Peraturan Tarif Ketiga dilahirkan yaitu Peraturan BPH Migas No.8 Tahun 2013 dan Saat ini Peraturan terakhir yang berlaku untuk penetapan tarif pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa adalah Peraturan BPH Migas Nomor 34 Tahun 2019 Tentang Tata cara Perhitungan dan Penetapan Tarif Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa.

BACA JUGA  Kasus Penyelewangan BBM Subsidi 7 Ton Terjadi Lagi di Sumsel

Seiring berjalannya waktu dalam penerapan Peraturan BPH Migas No. 34 Tahun 2019, terdapat beberapa kendala yang baru diketemukan selama proses dilakukannya penetapan tarif sejak Tahun 2019 sampai Tahun 2021. Permasalahan yang muncul disebabkan karena beberapa pengaturan yang sulit untuk diterapkan, permasalahan di lapangan, perubahan peraturan pendukung, serta dalam rangka mendukung program pemerintah.

Telah dilakukan Kajian Swakelola Tipe II dengan LPPIA FIA Universitas Indonesia dalam rangka penyusunan naskah akademik Revisi Peraturan BPH Migas No. 34 Tahun 2019 dengan tetap memperhatikan ketentuan penjelasan Pasal 9 ayat (1) huruf c PP nomor 36 tahun 2004 yaitu Agar tidak merugikan dan memberatkan Badan Usaha dan Konsumen, maka dalam menetapkan tarif Badan Pengatur wajib memperhatikan kepentingan pemilik Gas Bumi, pemilik pipa dan Konsumen.

Perka 34 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Perhitungan dan Penetapan Tarif dengan 2 Lampiran. Lampiran 1: Metode Perhitungan Tarif Gas Bumi Melalui Pipa.Lampiran 2: Jenis Perhitungan Tarif Gas Bumi Melalui Pipa, berubah menjadi Peraturan BPH Migas Tentang Tata Cara Perhitungan dan
Penetapan Tarif Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa. SK Pedoman Pelaksanaan Tata Cara
Penghitungan dan Penetapan Tarif Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa dengan 6 Lampiran.

I. Pedoman teknis metode penghitungan tarif pengangkutan gas bumi melalui pipa menggunakan sistem perangko dan sistem tarif tertentu
II. Pedoman teknis penghitungan tarif berdasarkan Jenis Penghitungan Tarif
III. Pedoman teknis penghitungan Nilai Basis Aset (NBA) dan biaya Operasi dan Pemeliharaan
IV. Pedoman teknis penghitungan Weighted Average Cost of Capital (WACC)
V. Standar Operasional Prosedur (SOP) penetapan tarif pengangkutan gas bumi melalui pipa
VI. SOP evaluasi tarif pengangkutan gas bumi melalui pipa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *