Energy Corner : Melihat Capaian Bauran Energi Baru Terbarukan

Jakarta, ruangenergi.com-  Anggota DEN Satya Widya Yudha menjadi narasumber Energy Corner di Squawk Box CNBC Indonesia yang digelar secara virtual. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Arthur Simatupang selaku Ketua Umum Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) dengan tema optimisme target bauran energi baru tebarukan 23% di tahun 2025. Lalu seperti apa optimisme terhadap pencapaian target bauran EBT? Dan tantangan apa saja yang dihadapi produsen listrik?

Satya menyatakan bahwa dalam realisasi bauran energi baru terbarukan (EBT) di tahun 2020 baru 11,2% dari target 13,42%. Namun, Satya optimis target bauran EBT sebesar 23 persen pada 2025 dapat tercapai.

Lebih lanjut, Satya mengungkapkan bahwa pemanfaatan energi panas bumi memiliki kesempatan untuk bisa dikembangkan lebih tinggi lagi guna mendorong target bauran EBT di tahun 2025.

“Namun, faktor utama yang dihadapi dari pengembangan energi panas bumi adalah mengenai harga, maka dari itu peraturan yang ada harus investor friendly agar industri dapat tumbuh”, kata Satya

Diakhir, Satya yang merupakan lulusan Cranfield University UK menambahkan bahwa energi fosil mungkin belum dapat dihilangkan walaupun pemerintah Indonesia berkomitmen dalam menurunkan emisi karbon yang salah satunya tentu melalui sektor energi.

BACA JUGA  Kemenko Marves Dorong Krakatau International Port Pasang Solar PV Menuju Green Port di Selat Sunda

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI), Arthur Simatupang menjelaskan bahwa kita harus sama sama memikirkan bagaimana cara untuk merealisasikan target bauran energi ini agar terjadi akselerasi yang lebih cepat.

“Kajian ulang perlu dilakukan untuk melihat faktor-faktor apa yang menjadi penghambat selama ini, dari sisi regulasikah atau pendanaan yang belum mendukung, atau juga dari teknologinya. Ini perlu menjadi perhatian bersama”, ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *