Grup MIND ID Kembali Raih Penghargaan Program Inovasi Pemberdayaan Masyarakat

Ruang Energi.Com, Jakarta – Grup MIND ID bersama anggotanya: PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk mendapatkan Penghargaan atas praktik program Inovasi Pemberdayaan Masyarakat. Kali ini, Program milik Perusahaan dengan kode emiten ANTM ini mampu keluar sebagai juara dalam kategori Sustainability atas inovasinya yang berjudul “Utilization of Coconut Waste into Coconet and Cocopeat”.

Grup MIND ID percaya bahwa pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasional Perusahaan, selain dapat menjaga kesinambungan bisnis, juga mampu meningkatkan pendapatan per kapita suatu daerah. Grup MIND ID berkomitmen untuk menjalankan kolaborasinya pada pemberdayaan masyarakat sekitar wilayah operasi pertambangan. Komitmen yang telah dijalankan sejak tahun 2019 ini, mendapatkan penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2022, melalui program Industri Kelapa Terpadu yang berada di lokasi Halmahera Timur.

Program ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), setidaknya pada poin 1, Tanpa Kemiskinan; poin 3, Kehidupan Sehat dan Sejahtera; poin 8, Pertumbuhan Ekonomi; serta poin 10, Berkurangnya Kesenjangan.

Dany Amrul Ichdan selaku Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID yang hadir pada malam penghargaan (24/08) berterimakasih dan mengapresiasi seluruh pihak terutama PT Antam, Tbk, yang telah turut berperan menjalankan program Pemberdayaan Kelapa terpadu tersebut.

“Penghargaan ini sebagai pemicu Grup MIND ID, untuk terus berkomitmen menjaga kesinambungan bisnis, antara lain melalui praktik pemberdayaan masyarakat sekitar. Kami percaya masyarakat sekitar memiliki potensi besar untuk dikembangkan,” ujarnya.

Program Industri Kelapa Terpadu di Halmahera Timur sendiri dijalankan melalui sebuah Lembaga bentukan PT Antam Tbk, yaitu Lembaga Varamau. Lembaga Varamau merupakan wadah organisasi para petani dan pengrajin industri kelapa terpadu di Maluku Utara yang merupakan bentuk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Tujuan agar dapat berperan aktif dalam bisnis dan kewirausahaan masyakat; menciptakan inovasi produk yang bermanfaat dan ramah lingkungan; memberdayakan masyakat dan membuka kesempatan kerja serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA  MIND ID Minta Dukungan DPR Pembentukan Satgas Pengamanan Asset Minerba dari Illegal Mining

Memanfaatkan limbah sabut kelapa menjadi aneka produk olahan bernilai ekonomi tinggi. Limbah kelapa yang berupa serabut kelapa dimanfaatkan menjadi Produk Coconet, sementara yang serbuk menjadi Produk Cocopeat yang digunakan sebagai media tanam pada lahan reklamasi. Cococraft merupakan hasil kerajinan limbah kelapa menjadi aneka produk kerajinan salah satunya menjadi Produk Cocopot, yaitu tempat untuk tanaman yang terbuat dari sabut kelapa sebagai pengganti polybag.

“Harapannya kehadiran PT Antam Tbk dan Grup MIND ID mampu berkontribusi membentuk peradaban yang lebih baik dan berkelanjutan, baik dari hasil tambang maupun dari kontribusinya kepada masyarakat, kini bahkan hingga pasca penambangan nanti,” Tambah Dany.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *