“Ikut Ajang Pertamina Smexpo, Serasa Berjualan di Online Shop”

Jakarta, Ruangenergi.com – Ajang Pertamina SMEXPO 2020, pameran yang digelar Pertamina melalui virtual yang melibatkan mitra binaannya dari seluruh wilayah Indonesia untuk memasarkan produk-produknya menghadirkan 1.000 lebih pilihan produk mulai kuliner hingga fashion.

‘HadiPriyanto’ sebagai salah satu merk batik mitra binaan Pertamina Refinary Unit IV juga turut serta dalam Pertamina SMEXPO 2020 yang berlangsung sejak tanggal 9 hingga 11 September itu. Adalah pasangan suami-istri Slamet Hadi Priyanto dan Tirza Enggar Trisnani yang menjadi sosok di balik merk batik khas Banyumasan tersebut.

Pengusaha UMKM asal Banyumas ini adalah satu-satunya pembatik Warga Negara Indonesia (WNI) keturunan yang masih bertahan hingga generasi ketiga. HadiPriyanto memiliki gerai offline yang sekaligus sebagai rumah produksi di Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

“Usaha ini adalah bisnis warisan turun temurun yang berdiri sejak 1957. Beruntung, saya bisa ikut meramaikan ajang Pertamina SMEXPO 2020 ini,” ujar Tirza.

Dalam forum bisnis yang digelar Pertamina ini, HadiPriyanto memajang produk batik tulis, batik cap maupun batik tenun. Stand pameran onlinenya berhasil menjaring sejumlah calon pembeli.

“Buat saya ini sesuatu yang baru tapi seru. Banyak pembeli yang menghubungi lewat Whatsapp, karena mereka sulit untuk memilih. Unik, jadi serasa jualan di aplikasi online shop,” imbuhnya.

Slamet Hadi Priyanto menambahkan, hasil penjualan melalui Pertamina SMEXPO 2020 cukup lumayan lantaran bisa meraup konsumen baru dari berbagai kota di Indonesia serta dari negara lain.

“Batik Banyumas ini warnanya lebih tegas, motifnya juga jelas berbeda dengan batik dari Solo maupun Yogya, sehingga menarik konsumen yang baru mengenal batik Banyumasan,” jelasnya.

Selain sebagai ajang pameran dengan potensi pemasaran hingga ke luar negeri, Pertamina Smexpo 2020 menjadi ajang berbagi pengalaman pelaku UMKM. Setidaknya di tengah kondisi pandemi Covid- 19, Smexpo menjadi harapan untuk pelaku bisnis dan industri UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan pandemi Covid-19.(Red)

BACA JUGA  Elnusa Tuntaskan Jasa Survei Seismik 2D Laut di Perairan Saumlaki

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *