gas turbin jsp

Jawa Satu Power Tunggu Transformer dan Gas Turbin

Jakarta,RuangEnergi.com– PT Jawa Satu Power,anak perusahaan dari PT Pertamina Power Indonesia, kembali menantikan kedatangan Transformer Unit-2 dan Gas Turbin Unit-2 untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Jawa Satu di Cilamaya, Jawa Barat.

Transformer Unit 2 datang akhir September 2020 dari Siemens China dan Gas Turbin Unit 2 dari Perancis datang akhir Desember 2020.

” Untuk Unit 2 nya kita masih menunggu Transformer dan Gas Turbin nya datang. Transformer Unit 2 datang akhir September 2020 dari Siemens China dan Gas Turbin Unit 2 dari Perancis datang akhir Desember 2020,” kata Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utama PT Jawa Satu Power Indra Trigha saat dihubungi ruangenergi.com, Senin (14/9/2020) di Jakarta.

Indra menjelaskan, kedatangan Transformer dan Gas Turbin tersebut diangkut lewat jalur laut menuju Pelabuhan Tj.Priok Jakarta. Kemudian diangkut menggunakan barge langsung ke fasilitas jetty yard yang ada di area PLTG Jawa Satu di Cilamaya,Karawang, Barat.

Pemasangan Accessories

JSP,lanjutnya, saat ini sedang mengerjakan pemasangan accessories untuk Power Blok unit 1. Sehingga nanti bisa selesai Februari 2021, bisalah pre comm dan commisioning. Kemudian untuk Unit 2 nya JSP masih menunggu Transformer dan Gas Turbin nya datang.

BACA JUGA  Hindari Polemik, Perkuat Komunikasi

JPS sudah menerima 1 unit Gas Turbin 9 HA 02 datang dikirim dari General Electric di Korea Selatan dan tiba di Cilamaya,Jawa Barat pada 7 September 2020.

Gas Turbin 9 HA 02 dari Jetty ke Yard JSP di pesan dari GE  mulai terpasang minggu ini (mid September 2020) dan diharapkan Januari 2021 bisa selesai terpasang sempurna.

gas turbin ge

 

“Kalau semua terpasang dan accesories terpasang, barulah kita bisa pre commissioning dan commissioning,” kata Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utama PT Jawa Satu Power Indra Trigha kepada ruangenergi.com,Selasa (08/09/2020) di Jakarta.

Satu Kargo Tangguh

Indra menuturkan, pihaknya menanti 1 kargo LNG datang dari Kilang LNG Tangguh pada Februari 2021. Gas ini akan dipakai untuk commissioning.

“LNG Tangguh datang bertahap, total 4 cargo untuk sampai COD,” ucap Indra bersemangat.

Megaproyek LNG To Power JAWA-1, adalah salah satu pembangkit listrik tenaga gas dan uap terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas Floating Storage Regasification Unit (FSRU) 170.000m3 dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas 1.760 MegaWatt (MW).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *