Pertamina Raih Teropong CSR Award 2021

Jakarta, Ruangenergi.comPT Pertamina (Persero) berhasil meraih Teropong CSR Award 2021 sebagai perusahaan yang aktif memberikan dukungan dan pembinaan kepada UMKM, khususnya di masa pandemi. BUMN terbesar ini dinilai sebagai perusahaan terbaik di Indonesia yang memiliki program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan terbukti telah memberi dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan.

Pemberian Penghargaan Teropong CSR Awards 2021 dilakukan secara online melalui Zoom pada Rabu, 28 April 2021. Penghargaan diserahkan oleh Rihad Wiranto selaku pimpinan TeropongSenayan.com dan diterima oleh VP CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita.

Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan Pertamina menjalankan program TJSL untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan merupakan bentuk implementasi ESG (Environment, Social and Corporate Governance).

“Pembinaan terhadap UMKM, merupakan pelaksanaan dukungan untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan No. 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Selain itu, program TJSL bidang pendidikan merupakan komitmen Pertamina mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan No. 4 yakni Pendidikan Berkualitas,” kata Fajriyah di Jakarta, Senin (03/5).

Menurut dia, Pertamina telah membina lebih dari 65.000 UMKM se-Indonesia serta membangun 30 Rumah BUMN, sebagai sarana untuk berkumpul, belajar, dan membina para pelaku UMKM menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas.

“Pertamina melakukan berbagai pembinaan yang dilakukan berupa pelatihan, pendampingan, sertifikasi dan peningkatan akses pemasaran,” ujarnya.

Sebelumnya, saat pemberian Penghargaan Teropong CSR Awards 2021 itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam sambutannya mengatakan, bahwa menghadapi pandemi Covid-19 dibutuhkan sikap kepedulian dan kebersamaan.

“Kepedulian dunia usaha adalah manifestasi nyata dari wujud solidaritas dan kebersamaan sekaligus implementasi dari nilai-nilai luhur bangsa kita yang menjunjung tinggi semangat gotong royong dan saling bahu membahu antar sesama anak bangsa,” tukasnya.

“Sikap positif ini menjadi modal fundamental untuk membangun optimisme kolektif segenap elemen bangsa untuk bangkit kembali dari keterpurukan akibat Covid-19. CSR memegang peranan penting dalam pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” lanjut Bambang.

Sementara itu, selain bidang UMKM, Pertamina juga meraih penghargaan bidang pendidikan karena kiprahnya melaksanakan sejumlah program pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini, sekolah dasar dan lanjutan, pendidikan vokasi hingga perguruan tinggi

“Pertamina bahkan memiliki program unggulan yaitu Kompetisi Sobat Bumi yang bertujuan mengembangkan bibit unggul Indonesia dalam menciptakan inovasi energi bagi keberlangsungan bumi. Pada tahun 2020, Kompetisi Sobat Bumi diikuti oleh 12 ribu peserta se-Indonesia,” kata Fajriyah.(SF)

BACA JUGA  PK Pertamina dan RB Purbalingga Gelar Bazar UMKM Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *