PK Pertamina dan RB Purbalingga Gelar Bazar UMKM Online

Jakarta, Ruangenergi.comPT. Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan (PK) bekerjasama dengan Rumah BUMN (RB) Purbalingga menggelar Bazar UMKM Online pada tanggal 9 – 11 Oktober 2020 lalu. Produk yang ditawarkan dalam gelaran bazar tersebut cukup bervariatif, atau setidaknya terdapat tiga kategori produk diantaranya produk kuliner, baik kuliner khas Purbalingga maupun kuliner olahan lain yang dibuat UMKM RB Purbalingga.

Memurut Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, selain produk kuliner ada juga kategori fashion, seperti batik, sepatu, sendal maupun produk lain. Terakhir yakni produk handycraft atau kerajinan tangan.

“Bazar UMKM online yang digelar RB Purbalingga merupakan kali pertama di wilayah Purbalingga. Kesuksesan pameran virtual UMKM Pertamina SMEXPO 2020 menjadi kiblatnya. Banyak UMKM merasa terbantu atas pameran tersebut karena membantu menormalkan pemasarannya,” kata Fajriyah di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Ia juga menjelaskan, bahwa konsep bazar online RB Purbalingga ini sedikit berbeda dengan Pertamina SMEXPO. Pasalnya bazar tersebut diikuti sebanyak 15 UMKM binaan yang berpartisipasi selama tiga hari dengan pembagian lima UMKM setiap harinya.

”Masing-masing UMKM diberikan durasi maksimal 30 menit untuk mempromosikan produknya,” imbuhnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa untuk medianya promosi produk UMKM tersebut dibantu oleh para influencer lokal di Purbalingga. Kemudian disiarkan secara bersamaan (live) di sejumlah platform media sosial, diantaranya akun FB, IG, dan Youtube RB Purbalingga (@rumahbumn.purbalingga). Selanjutnya satu akun FB, 2 akun IG, dan 4 kanal Youtube milik influencer lokal. Dan terakhir tentunya akun media sosial milik UMKM yang berpartisipasi.

“Bazar online ini cukup menarik perhatian banyak pihak. Tidak hanya warga Purbalingga sendiri, melainkan juga luar kota. Bagi yang ketinggalan dan ingin ikut acara tersebut, bisa ikut kembali pada bulan November 2020. Informasi lebih lanjut melalui media sosial @rumahbumn.purbalingga,” paparnya.

RB Purbalingga, lanjut Fajriyah, memberikan sejumlah kemudahan dalam bertransaksi. Bagi masyarakat di sekitar Purbalingga, pembelian dan pengiriman produk dapat dilakukan secara langsung atau Cash on Delivery (COD).

“Sedangkan bagi pembeli di luar kota atau yang tidak ingin repot keluar rumah, pengiriman dapat dilakukan menggunakan jasa Kantor Pos Indonesia,” ujar Fajriyah.

Ia mengajak seluruh masyarakat umum agar dapat mengikuti acara tersebut. Sebab, melalui bazar online UMKM itu, dapat membantu UMKM untuk mampu bertahan dan survive di masa pandemi seperti saat ini. Selain itu juga turut membantu perputaran roda perekonomian baik untuk UMKM itu sendiri maupun para pekerja yang berada di bawah UMKM tersebut.

“Upaya ini merupakan bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif. Di mana diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Fajriyah.(sl)

 

BACA JUGA  Ini Hasil Rapat Komisi VII DPR dengan Eselon I Kementerian ESDM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *