lapangan camar

SKK Migas Rekomendasikan Ganti Operator atau Tunjuk Operator Sementara Lapangan Camar

Jakarta,ruangenergi.com-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) merekomendasikan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) untuk segera ganti operator atau tunjuk operator sementara lapangan Camar wilayah kerja Bawean yang dioperasikan Camar Resource Canada Inc.

SKK Migas beralasan tidak bisa melaksanakan komitmen POD untuk menambah reserve. Lapangan Camar temporarily suspend atau terminated.

“Segera ganti Operator atau Camar ditunjuk sebagai Operator sementara.Camar tidak bisa melaksanakan komitmen POD untuk menambah reserve.Kami sedang diskusi barangkali di ESDM,” kata Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno kepada ruangenergi.com,Jumat (30/07/2021) di Jakarta.

Julius tidak memerinci lebih jauh.Hanya saja dia membenarkan adanya laporan bahwa sumur di lapangan Camar shutdown akibat kebakaran pada well head. Per 17 Jan 21 back online pukul 14.50.Sumur CS-1 kembali shut down. Sampai saat ini blm berproduksi karena menunggu material perbaikan SPM dan pemasangan mooring hawser dan floating hose.

Dalam catatan ruangenergi.com,pada pukul 19.30 WIB terjadi insiden kebakaran di well head platfrom di lapangan Camar wilayah kerja Bawean yang dioperasikan Camar Resource Canada Inc. Insiden disebabkan oleh salah satu rig miring ke arah platform dan menyenggol platform, sehingga menimbulkan percikan yang berakibat terjadinya kebakaran di wellhead platform.

BACA JUGA  Polemik Pembangunan Pipa Cisem, Ini Saran Pengamat

Pihak KKKS melaksanakan prosedur pemadaman api dan langkah lainnya sesuai standar operasi hulu migas. Pada saat proses pemadaman tersebut, seluruh personel platform telah dievakuasi ke FSO Pegassus dan dalam kondisi selamat.

Pada 1 Maret 2020 jam 14.30 WIB, api sudah bisa dikendalikan dan dilanjutkan proses pendinginan.Tindakan selanjutnya pada pukul 14.45 WIB, KKKS telah mengirim tim untuk memastikan valve di master valve dan wing valve tertutup sempurna. Selanjutnya masih dilakukan proses pendinginan dengan menggunakan fire pump dari kapak AHTS, CPP dan dari rig.

Koordinasi juga dilakukan dengan KKKS terdekat, untuk mendapatkan dukungan yang dibutuhkan, sebagai upaya untuk mempercepat penanganan kejadian.Dalam insiden ini, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Terkait dampak lingkungan serta loss production, saat ini masih dalam proses penanganan lanjutan. KKKS juga melakukan evaluasi untuk memitigasi kegiatan produksi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *