pltg

PLNGG Dapat Mandat Penyedia Infrastruktur Midstream Gas PLN

Jakarta,Ruangenergi.com-PT PLN Gas dan Geothermal (PLNGG),selaku Anak Perusahaan PLN yang mendapatkan mandat  untuk menjalankan penyedia infrastruktur midstream gas bagi Pembangkit milik PLN.

Dalam rangka penyediaan tenaga listrik dengan kualitas yang baik dan mengedepankan biaya produksi optimal maka PT PLN (Persero) menyusun pola dan strategi penyediaan gas alam untuk pembangkit listrik baik yang dioperasikan sebagai pemikul beban dasar (base load), beban pengikut (load follower), maupun sebagai pemikul beban puncak (peak load).

Untuk mewujudkan rencana tersebut, faktor penting yang menghambat PLN saat ini adalah belum tersedianya infrastruktur pendukung, khususnya infrastruktur yang menangani mekanisme supply chain penyediaan gas alam dari hulu ke pembangkit listrik termasuk di dalamnya sistem transportasi dan penyimpanan gas.

Tantangan lainnya adalah karakteristik demand pembangkit gas PLN yang tersebar di kepulauan dengan volume kebutuhan gas yang tidak besar, dan jauh dari lokasi sumber gas terutama regional Indonesia bagian timur.

“PLNGG selaku Anak Perusahaan PLN yang mendapatkan mandat dari PLN untuk menjalankan penyediaan infrastruktur midstream gas bagi Pembangkit milik PLN menjawab tantangan tersebut dengan menyusun skema logistik paling optimal, yang merangkai pendistribusian gas ke beberapa pembangkit dalam kluster Small Scale LNG,” kata Pelaksana Tugas Direktur Utama PT PLNGG Mohamad Riza Affiandi kepada ruangenergi.com.

Dengan skema ini dapat dijaga keekonomian harga gas di plant gate. PLNGG mengedepankan rantai pasok gas yang paling efisien untuk menunjang kecepatan waktu eksekusi penyediaan gas ke pembangkit PLN.

BACA JUGA  Sebab Kementerian BUMN Lakukan Restrukturisasi Organisasi

Semangat penyediaan infrastruktur gas utk memasok pembangkit milik PLN juga didukung pemerintah melalui Kepmen ESDM No. 13 tahun 2020 yang menugaskan Pertamina .

“Oleh karenanya PLNGG siap bekerja sama dan berperan aktif dengan Pertamina Grup (PGN) untuk melakukan percepatan penyiapan infrastruktur gas. Dengan pengalaman PLNGG saat ini yang telah berhasil mengoperasikan FSRU Amurang dan Pembangunan Pipa Gas Tanjung Batu, PLNGG sangat yakin akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan infrastruktur gas Indonesia bersama dengan Pertamina Grup (PGN) dan tentunya PLNGG saat ini siap menunggu penugasan dari Holding PLN Persero utk bersinergi dengan Pertamina grup (PGN),”jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *